-- Wireshark : Si Penganalisis Jaringan Protokol --

 Hello Mooverse!!

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang Wireshark, Kalian tau tentang Wireshark? jika tidak tau mari kita bahas bersama-sama!.


    Wireshark adalah penganalisis protokol jaringan terkemuka di dunia. Ini memungkinkan Anda melihat apa yang terjadi di jaringan Anda pada tingkat mikroskopis. Ini adalah standar de facto (dan seringkali de jure) di banyak industri dan lembaga pendidikan.

    Perkembangan Wireshark berkembang pesat berkat kontribusi para pakar jaringan di seluruh dunia. Ini merupakan kelanjutan dari proyek yang dimulai pada tahun 1998.


Cara Kerja Wireshark



    Cara kerja WIreshark sebagai berikut : 

1. Wireshark memulai dengan merekam data yang dikirim melalui jaringan, baik itu dalam bentuk paket jaringan atau frame Ethernet.
2. Wireshark kemudian menganalisis data yang telah direkam dan menampilkan informasi tentang setiap paket yang dikirim melalui jaringan, termasuk protokol yang digunakan, alamat sumber dan tujuan, isi paket, dan banyak lagi.
3. Setelah itu, pengguna dapat mengambil tindakan yang sesuai berdasarkan informasi yang ditampilkan oleh Wireshark, seperti memecahkan masalah jaringan, mengoptimalkan kinerja jaringan, atau mengidentifikasi masalah keamanan.

Manfaat Wireshark



Manfaat Wireshark yaitu :

1. Memecahkan masalah jaringan: Wireshark dapat membantu administrator jaringan untuk memecahkan masalah jaringan dengan melihat lalu lintas jaringan dan menentukan apakah ada masalah dengan jaringan, seperti paket yang hilang atau lalu lintas yang lambat.
2. Menganalisis keamanan: Wireshark dapat digunakan untuk menangkap dan menganalisis lalu lintas jaringan untuk mencari tahu apakah ada serangan atau aktivitas jahat yang terjadi pada jaringan.
3. Memantau kinerja jaringan: Wireshark dapat membantu administrator jaringan untuk memantau kinerja jaringan dan mengidentifikasi titik-titik yang menyebabkan kinerja lambat atau masalah lainnya.

Kapan Wireshark Harus Digunakan?



Wireshark adalah alat yang aman digunakan oleh lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan, usaha kecil, dan nirlaba untuk memecahkan masalah jaringan. Selain itu, Wireshark dapat digunakan sebagai alat pembelajaran.

Mereka yang baru dalam bidang keamanan informasi dapat menggunakan Wireshark sebagai alat untuk memahami analisis lalu lintas jaringan, bagaimana komunikasi terjadi ketika protokol tertentu terlibat, dan di mana letak kesalahannya ketika masalah tertentu terjadi.

Tentu saja, Wireshark tidak dapat melakukan segalanya.

Pertama-tama, Wireshark tidak dapat membantu pengguna yang kurang memahami protokol jaringan. Tidak ada alat, betapa pun kerennya, yang dapat menggantikan pengetahuan dengan baik. Dengan kata lain, untuk menggunakan Wireshark dengan benar, Anda perlu mempelajari cara kerja jaringan secara tepat. Artinya, Anda perlu memahami hal-hal seperti jabat tangan TCP tiga arah dan berbagai protokol, termasuk TCP, UDP, DHCP, dan ICMP.

Kedua, Wireshark tidak dapat mengambil lalu lintas dari semua sistem lain di jaringan dalam keadaan normal. Pada jaringan modern yang menggunakan perangkat yang disebut switch, Wireshark (atau alat penangkap paket standar lainnya) hanya dapat mengendus lalu lintas antara komputer lokal dan sistem jarak jauh yang diajak bicara.

Ketiga, meskipun Wireshark dapat menunjukkan paket yang cacat dan menerapkan kode warna, ia tidak memiliki peringatan sebenarnya; Wireshark bukanlah sistem deteksi intrusi (IDS).

Keempat, Wireshark tidak dapat membantu dekripsi berkenaan dengan lalu lintas terenkripsi.

Dan terakhir, sangat mudah untuk memalsukan paket IPv4. Wireshark tidak dapat benar-benar memberi tahu Anda apakah alamat IP tertentu yang ditemukannya dalam paket yang ditangkap adalah alamat IP asli atau tidak. Itu memerlukan sedikit pengetahuan lebih dari seorang profesional TI, serta perangkat lunak tambahan.

Oke Mooverse, sekian artikel tentang Wireshark, jika kalian belum paham dengan apa yang kita sampaikan, kalian bisa baca-baca lagi tentang Wireshark ya.



Sumber : 

- https://tif.uad.ac.id/wireshark-perangkat-lunak-analisis-jaringan/
- https://www.comptia.org/content/articles/what-is-wireshark-and-how-to-use-it
- https://hosteko.com/blog/mengenal-wireshark-fungsi-dan-cara-kerjanya

Komentar