--- 5 Perintah Dasar Command Prompt Untuk Jaringan yang Sering Digunakan ---

 

Berikut beberapa perintah pada command prompt untuk Jaringan yang Sering Digunakan

1. Ping

    Perintah ping ini adalah yang paling sering digunakan. Biasanya mereka menggunakan untuk mengetahui konektivitas pada jaringan. Perintah ping ini mengirim ICMP echo request packets ke tujuan.

Berikut gambar contoh nya :


2. Tracert

    Pada dasarnya perintah tracert ini hampir mirip dengan perintah ping, yang membedakannya adalah pada perintah tracert ini kita akan diperlihatkan jalur mana saja yang dilewati oleh packet yang dikirim. Tracert mengirimkan packet ke tujuan, disepanjang perjalanan, packet tersebut meminta ke setiap router untuk membalas ketika dilewati. Sehingga jalur mana saja yang dilewati oleh packet tersebut akan terdata.
Berikut gambar contohnya :


3. Ipconfig

    Perintah ipconfig bisa digunakan untuk mengkonfigurasi interface jaringan atau sekedar melihat informasi interface jaringan yang terdapat pada komputer Anda. Anda bisa menggunakan perintah ipconfig /all untuk melihat seluruh konfigurasi yang terpasang pada interface yang ada di komputer.
Berikut gambar contohnya: 


4. Nslookup

    Perintah dasar lainnya adalah nslookup. Perintah ini digunakan untuk mencari alamat IP yang dipakai pada suatu domain. Misalnya, anda bisa menggunakan perintah nslookup untuk melihat IP address yang digunakan oleh google.com, facebook.com, atau IP address yang digunakan oleh blog lainnya.
Berikut gambar contohnya: 


5. Netstat

    Netstat atau statistik jaringan. Perintah ini akan menampilkan koneksi jaringan yang masuk dan keluar serta informasi jaringan lain. Utilitas netstat dapat menunjukkan koneksi yang open di komputer Anda, program mana yang membuat koneksi, beberapa banyak data sedang dikirim, dan informasi lainnya.
Berikut gambar contohnya :



    Nah diatas tadi merupakan tools dasar untuk jaringan yang sering digunakan, baik untuk mengecek koneksi atau juga mengatasi berbagai trouble dalam jaringan, kita tidak pernah lepas dari perintah-perintah yang selalu diketik pada command prompt.

Komentar