--- Jaringan Komputer ---

 

- Pengertian Jaringan Komputer

    Jaringan Komputer adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk tujuan berbagi sumber daya, seperti file, printer, dan koneksi internet.

    Jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

                                                              www.freepik.com

- Point-Point Jaringan Komputer

  Jaringan Komputer memiliki Point-Point sebagai berikut :

1. Lebih dari 1 perangkat jaringan

        Contohnya jika kalian menggunakan ChatGPT, ChatGPT memiliki Server memberikan jawaban, itu saja sudah dianggap sudah lebih dari 1 perangkat.

2. Connected ( Saling terhubung )

        Connected disini maksudnya adalah kalian terhubung dalam jaringan internet, terhubung melalui jaringan IP ADDRESS.

3. Comunication ( Komunikasi )

        Menanyakan Sesuatu kepada ChatGPT itu sudah disebut komunikasi.

4. Resource Sharing ( Berbagi Data )

        Jika kalian menanyakan sesuatu kepada teman kalian atau ChatGPT, maka jawaban tersebut temasuk dalam bagian Berbagi Data.



- Apa Kegunaan Jaringan Komputer?

    Solusi jaringan modern memberikan lebih dari sekedar konektivitas. Solusi jaringan menjadi sangat penting bagi transformasi digital dan kesuksesan bisnis saat ini. Kemampuan jaringan yang mendasarinya sudah lebih dapat diprogram, terotomatisasi, dan aman.

Jaringan komputer modern mampu :

Beroperasi secara virtual

    Infrastruktur jaringan fisik yang mendasari dapat partisi secara logis untuk membuat banyak jaringan "overlay". Di dalam sebuah jaringan komputer overlay, simpul ditautkan secara virtual, dan data dapat saling ditranmisikan melalui beberapa jalur fisik. Misalnya, banyak jaringan korporasi yang di-overlay di internet.

Berintegrasi pada skala yang besar

    Layanan jaringan modern menghubungkan jaringan komputer yang terdistribusi secara fisik. Layanan ini dapat mengoptimisasi fungsi jaringan melalui otomatisasi dan permantauan untuk membuat jaringan skala besar deangan performa tinggi. Layanan jaringan dapat diskalakan naik atau turun berdasarkan permintaan.

Merespons perubahan kondisi secara cepat

    Banyak jaringan komputer yang kerjanya ditentukan oleh perangkat lunak. Lalu lintas dapat dirutekan dan dikontrol secara terpusat dengan menggunakan antarmuka digital. Jaringan komputer ini mendukung manajemen lalu lintas virtual.

Memberikan keamanan data

    Semua solusi jaringan hadir dengan fitur keamanan bawaan seperti enkripsi dan kontrol akses. Solusi pihak ketiga seperti perangkat lunak antivirus, firewall, dan antimalware dapat diintegrasikan untuk membuat jaringan menjadi lebih aman.


- Bagaimana cara kerja jaringan komputer

    Simpul dan tautan adalah blok bangunan dasar dalam jaringan komputer. Suatu simpul jaringan dapat berupa peralatan komunikasi data (DCE) seperti modem, hub atau switch, maupun peralatan terminal data (DTE) seperti dua atau beberapa komputer dan printer. Tautan dapat berbentuk fisik, seperti kabel atau fiber optik, atau berupa ruang bebas yang digunakan oleh jaringan nirkabel.

    Dalam jaringan komputer yang sedang bekerja, simpul akan mengikuti serangkaian aturan atau protokol yang menentukan cara mengirim dan menerima data elektronik melalui tautan tersebut. Arsitektur jaringan komputer menentukan desain dari komponen fisik dan logis ini. Arsitektur, organisasi fungsional, protokol, dan prosedur.


- Jenis-jenis jaringan komputer

1. LAN
    Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya.

    LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap.

    LAN juga diterapkan di berbagai warnet yang menghubungkan banyak komputer ke satu server, di sebuah ruangan kantor untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, hingga printer, dan lain sebagainya.

2. MAN
    Metropolitan Area Network atau MAN, seperti namanya merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota.

    Jaringan yang jangkauannya lebih besar dari LAN ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif.

3. WAN
    Wide Area Network atau WAN merupakan jenis komputer yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa antar negara.
    

Komentar